Monday, August 20, 2018

Membuat Data Absen Dengan Ms.Excel

Bismillah...

Assalamu'alaikum, Selamat Pagi, Siang, Sore, Malam bergantung kapan waktu anda membaca tulisan saya ini.. hehehe

oke kali ini saya akan membahas bagaimana membuat data absen dengan menggunakan Ms. Excel, dan kita akan menggunakan rumus COUNTIF kalau cara saya menghafal itu dengan cara mengartikan rumus yaitu Jumlah Jika.
nah.. langsung aja ya kita mulai, tahap pertama kita buat daftar absennya seperti ini contohnya :


seperti biasa :
s = sakit
i = ijin
a = alfa

di kolom AB3 kita masukan rumus =COUNTIF(B3:AA3;"s") kalau kita baca samadengan jumlah jika cell B3 sampai dengan AA3 adalah s maka akan keluar angka 0, kenapa 0? yaiyalah kan Ana dibulan januari gak ada sakitnya... hehe

untuk di kolom AC3 kita masukan rumus yang sama tapi huruf "s" akan kita ganti menjadi "i" karena itu adalah kolom ijin jangan lupa ya jika memasukan huruf di rumus excel selalu gunakan tanda kutip (" ") kalau tidak maka rumus tidak akan berfungsi.

selanjutnya di kolom AD3 juga sama ya hanya huruf "s" kita ganti menjadi "a".

setelah selesai kita scroll ke bawah dan taraaa... berhasil
















dikolom paling bawah tinggal kita masukan rumus SUM tau kan rumus SUM itu untuk apa?
kalau belum tau coba cek di sini http://teman-belajar-lebih.blogspot.com/2018/08/penjumlahan-excel.html

nah diakhir pendataan kita akan tau bahwa dibulan januari ada yang tidak masuk karna sakit 10 kali, Ijin 5 kali, dan Alfa 11kali, banyak juga ya??
jangan salahkan orangnya mungkin karna pelajarannya tidak mengasyikan dibulan itu, hehe bukan lah ya karna ini hanyalah daftar fiktif yang penting kita bisa belajar ^.^

oke cukup sekian semoga bermanfaat. mohon maaf jika masih banyak kekurangan.
Wasalam.. bye...


No comments:

Post a Comment